Inilah Sistem Keamanan Rumah tercanggih masa kini

Inilah Sistem Keamanan Rumah tercanggih masa kini

Kini, sistem keamanan rumah semakin canggih. Tak hanya dapat mengunci pintu saja, sekarang ada kunci rumah digital yang bahkan dapat menghubungkan rumah lewat sistem yang pintar, sehingga penghuni rumah dapat menyalakan lampu atau AC bahkan ketika sedang dalam perjalanan pulang. Inilah beberapa sistem keamanan rumah tercanggih yang kekinian, yang juga memiliki nilai plus.

Sidik jari biometrik

Sistem penguncian rumah dengan sidik jari semakin populer di Indonesia. Buka-tutup pintu dilakukan dengan menyentuhkan sidik jari ke sistem biometrik, sehingga kamu tak perlu kuatir lupa password atau kehilangan kunci. Samsung misalnya, sejak 2015 sudah merilis sejumlah alat pengamanan dengan sidik jari yang terhubung dengan perangkat pintar di rumah lainnya, seperti sistem penerangan, speaker, kamera CCTV dan AC. Saat meninggalkan rumah, kamu bisa sekaligus mengunci pintu, mematikan lampu dan AC serta menyalakan kamera CCTV secara otomatis.

Kalau kamu lebih suka sesuatu yang sederhana dan harganya lebih ramah di kantong, kunci biometrik Adel juga bisa jadi pilihan bagus. Sangat mudah dipasang dan digunakan, opsi tambahan untuk membuka kunci juga cukup lengkap, mulai dari kode angka, bahkan kunci secara fisik.

Bluetooth dan WiFi

Nah, kalau yang ini cocok untuk buka-tutup pintu tanpa kunci atau kode akses! Dengan menggunakan sistem ini, ponsel pintar milikmu-lah yang akan mengunci dan membuka pintu secara otomatis - praktis saat tangan kita penuh barang bawaan. Selain membuka-tutup kunci pintu, biasanya aplikasi ini juga terhubung dengan sistem digital lainnya di rumah, seperti pengaturan suhu ruangan dengan AC. Dua contoh kunci digital ini adalah August Smart Lock dan Kwikset Kevo Lock.

Kartu RFID

Bila kamu tetap lebih suka kunci "fisik", tapi yang praktis dibawa-bawa dalam dompet atau kantong, kunci berupa kartu RFID bisa jadi cocok untukmu. Kunci ini biasanya bisa kamu gantungkan dengan lanyard dan biasanya sistem kunci RFID punya sistem penguncian kedua sebagai alternatif, kalau-kalau kartu hilang. Contohnya adalah Samsung Ezon, yang sangat user-friendly dan dilengkapi sensor deteksi api untuk keamanan ekstra.

Keypad

Yang terakhir, ada kunci dengan keypad, yang menggunakan panel sentuh untuk akses dan terkoneksi ke sistem rumah yang pintar. Contohnya adalah Schlage lock dan First Media Smart Living, yang juga menghubungkan kunci ke seluruh sistem pengamanan rumah.

Berkat berbagai kunci pintar yang canggih dan kekinian ini, tak perlu lagi pusing membawa serenceng kunci berat kemana-mana - dengan nilai plus berupa sistem kendali jarak jauhnya, kamupun bisa pulang ke rumah yang sudah sejuk dengan AC, dilengkapi musik yang mengalun lembut untuk bersantai.

Sumber : Generali

  • 27 Feb 2019
  • Surya Tjipto