Menguatnya Eksistensi Generali di Pasar Asuransi Indonesia

Menguatnya Eksistensi Generali di Pasar Asuransi Indonesia

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia) kian diperhitungkan di pasar asuransi jiwa Indonesia. Dari tahun ke tahun, keberadaan perusahaan asuransi asal Italia ini menunjukkan tren peningkatan signifikan dalam kinerja maupun aktivitas nonbisnisnya. Hal ini membuat Generali Indonesia kian dikenal masyarakat sebagai salah satu pilihan untuk berasuransi dan mempersiapkan rencana keuangan keluarga di masa mendatang.

Catatan kinerja Generali Indonesia terbilang mengesankan. Pada 2017, perusahaan ini membukukan total premi Rp 3,2 triliun dan pertumbuhan premi bruto mencapai 21 persen dibanding 2016.

Pertumbuhan

Pertumbuhan ini didorong kinerja produk unit link yang memberi kontribusi sebesar Rp 2,7 triliun (tumbuh 27 persen) serta jumlah dana kelolaan yang meningkat 31 persen menjadi Rp 4,4 triliun. Kinerja yang baik ini membuat Generali Indonesia dapat meraih laba bersih sebesar Rp 61,3 miliar hanya dalam delapan tahun beroperasi.

Pesatnya pertumbuhan bisnis Generali di Indonesia didukung oleh beragam inovasi produk serta layanan yang berkesinambungan. Generali terbilang aktif merilis produk baru yang inovatif. Salah satunya, iPLAN (Insurance Protection Linked Auto Navigation), sebuah produk yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa tetapi juga memberikan manfaat hidup yang diluncurkan pada 2017. Dengan iPLAN, nasabah bisa mendapatkan ‘Bonus Hidup Sehat 85’ jika menginjak usia 85 tahun. Selain itu, perlindungan kesehatan juga bisa diperoleh dengan produk asuransi tambahan yang tersedia.

Mengawali 2018, Generali juga meluncurkan iPLAN Syariah. Di sini nasabah dapat memperoleh tiga manfaat dan keunggulan dalam satu produk asuransi jiwa. Produk ini melindungi diri dengan proteksi jiwa, kesehatan, dan “Bonus 85”, serta mengamankan masa depan keluarga saat terjadi risiko yang tidak diinginkan, seperti tutup usia atau penyakit. Di saat yang sama, iPLAN Syariah memberikan Anda kesempatan berwakaf, untuk kemaslahatan umat yang dibayarkan dari manfaat hidup dan manfaat meninggal dunia.

Life benefit

Pada 2018 dan di masa mendatang, Generali juga berfokus pada pengembangan produk-produk yang memberikan manfaat hidup (life benefit), terutama yang bersifat kesehatan. Berdasarkan data WHO, tren biaya perawatan kesehatan secara global meningkat rata-rata sebesar 10 persen per tahun.

Generali Indonesia juga meluncurkan Excellent Care, yang memberikan perlindungan kesehatan sesuai kebutuhan dengan pilihan perawatan yang lengkap mulai dari domestik, Asia, hingga seluruh dunia. Produk manfaat asuransi ini memiliki batas tahunan yang luas sesuai dengan kebutuhan dan dibayar sesuai tagihan melalui sistem nontunai. Produk ini juga dilengkapi benefit santunan penyakit kritis.

Generali saat menerima penghargaan Innovation Award untuk Kategori Produk & Teknologi untuk produk iPLAN dalam ajang Sindo Apresiasi Inovasi 2018.

Manfaat ini melengkapi ragam solusi perlindungan kesehatan yang dimiliki Generali, termasuk Global Medical PLAN yang memungkinkan nasabah mendapatkan rekomendasi perawatan terbaik dari dokter terbaik di dunia dengan perlindungan perawatan rumah sakit hingga Rp 35 miliar per tahun. Jangkauan perlindungan meliputi seluruh dunia, termasuk Amerika dan Jepang dengan sistem cashless (nontunai).

Dukungan untuk komunitas

Seperti diungkapkan CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman, perusahaan ini memiliki nilai live the community. Generali Indonesia akan turut berperan aktif untuk tumbuh bersama masyarakat dan komunitas tempat Generali beroperasi. Ini terwujud dalam banyak hal, salah satunya dengan menjadi partner resmi untuk Surabaya Marathon (12 Agustus 2018) dan Borobudur Marathon (akan digelar 18 November 2018). Generali memberikan perlindungan penuh untuk seluruh peserta ajang olahraga itu.

Generali Group juga menggagas The Human Safety Net (THSN), sebuah inisiatif global untuk membuka kesempatan bagi keluarga kurang beruntung agar memiliki kesempatan dan peluang hidup yang sama demi masa depan yang lebih baik. Bekerja sama dengan Yayasan Hope Indonesia, kegiatan THSN di Indonesia dilakukan melalui Saturday Academy.

Generali terlibat aktif dalam pembangunan karakter anak usia 3–12 tahun melalui mentoring; kelas parenting, sesi ketika orangtua akan belajar tentang literasi keuangan dan peran mereka dalam keluarga; dan pemenuhan kebutuhan dasar ibu hamil (pemeriksaan kandungan) dan balita (imunisasi). Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu ini melibatkan karyawan dan agen Generali untuk terjun langsung.

Saat ini, program Saturday Academy berfokus pada pengembangan komunitas di Tanah Merah, Jakarta Utara. Di tahun-tahun mendatang, program-program THSN akan diperluas ke wilayah Depok dan Banten.

  • 29 Oct 2018
  • Surya Tjipto